7 November 2013

Gabungan Kimono dan Batik ala Seniman Jepang

Salah satu karya kimono batik
Apa yang Anda pikirkan jika mendengar kata ‘kimono batik’? Apakah kimono yang bermotif batik atawa bahan batik dibuat seperti kimono? Dua konsep kolaborasi dua budaya tersebut yang dibuat oleh seniman asal Jepang, Youko Zin. 

Sejak 2005 silam, Youko Zin tertarik belajar membatik. Ia mengatakan di antara semua kebudayaan dan kerajinan tangan yang ada di seluruh Indonesia, hanya batik yang mampu menyentuh hatinya. 

“Aku banyak mengunjungi daerah di Indonesia, tapi hanya batik yang bisa membuat aku tertarik. Batik itu sangat indah,”
katanya kepada detikHOT dengan bahasa Indonesia terbata-bata. 

Tak hanya proses membatik saja yang dipelajarinya, tapi bahasa Indonesia pun juga ia belajar. “Saya mau total belajar dan tahu bagaimana cara berkomunikasi dengan orang Indonesia, makanya saya bisa dan mengerti apa yang mereka katakan.&rdquo
Youko menceritakan proses membatik yang dipelajarinya mulai dari cara memakai canting dan malam, proses membuat cap tulis dan sebagainya. Serta proses pewarnaan atau pencelupan warna. 

“Saya ingin menggabungkan antara kedua budaya. Batik dari Indonesia dengan khas kimono dari Jepang. Saya ciptakan keduanya menjadi satu original yang baru. Karena nasib batik dan kimono hampir sama,” ujarnya. 

Ia pun membuat kimono batik selebar tiga meter dan diberi nama ‘Ame Nimo Makezu’. Motifnya yaitu air hujan, dalam bahasa Jepang artinya ‘ame’. Sedangkan nimo makezu ia artikan seperti angin yang bertiup laiknya badai.

Warna yang digunakan Youko adalah biru cerah dan jingga. Warna tersebut didapatkannya dari pohon Okane, pohon yang asli terdapat di Jepang. “Jika dikasih obat pewarna, jadi lebih orange, seharusnya dari pohon okane itu merah. Lantaran pengalaman membatik di Yogyakarta ini, Youko kini sudah memiliki studio sendiri di Jepang, Ia memberikan nama ‘Batik Art Studio’. 

Ia pun belajar mencelup dengan tumbuh tumbuhan dari BIXA Orrellana, pabrik sekaligus tempat kursus batik milik Hendri Suprapto. Di Jepang, Youko memiliki merk original sendiri yang diberi nama ‘Bunga Putih’. 

Sumber : detik.com

0 komentar:

Posting Komentar